Senin, 03 September 2018

KENAKALAN REMAJA DAN KEGEMARAN BERKELAHI SECARA MASSAL DI KOTA-KOTA BESAR




          Kejahatan dan kenakalan remaja tidak dapat dilepaskan dari konteks kondisi sosial budaya zamannya. Sebab setiap periode sifatnya khas dan memberikan jenis tantangan khusus kepada generasi mudanya, sehingga anak-anak muda ini mereaksi dengan cara yang khas pula terhadap stimuli sosial yag ada. Kenakalan remaja pada zaman itu pada umumnya berupa penodongan disekolah-sekolah untuk mendapat ijazah, dan penonjolan diri yang berlebihan bak “pahlawan kesiangan”. Lebih serius dari kejadian tersebut hampir tidak pernah terjadi. Hal ini disebabkan masih kuatnya sanksi-sanksi masyarakat ditambah tingginya citra perjuangan dan semangat berkorban untuk mengisi kemerdekaan. Tidak hanya keberandalan dan kejahatan yang dlakukan oleh orang-orang muda pada periode ini. Seandainya pun ada, kejadian tersebut tidak sampai menjadi masalah sosial yang sulit dipecahkan.
           

            Judul : Kenakalan Remaja
            Pengarang : Dr Kartini Kartono
            Penerbit : Raja Grafindo Persada
Alamat : Jl. Raya Leuwinanggung No 112 Kel.Leuwinanggug, Kec.Tapos, Kota Depok 16956
           
            Kejahatan dan kenakalan remaja tersebut erat berkaitan dengan makin derasnya arus urbanisasi dan semakin banyaknya jumlah remaja desa yang bermigrasi ke daerah perkotaan tanpa jaminan sosial yang mantap, ditambah sangat sulitnya mencari pekerjaan yang cocok dengan ambisi mereka. Sampai pada akhirnya mereka dipaksa menerima benuk-bentuk pekerjaan dibawah harapan semula yang semakin menambah rasa kekecewaan dan frustasi mereka. Kondisi sulit tersebut masih ditambah dengan semakin meningkatnya tuntutan hidup di kota, disamping nafsu konsumerisme yang tinggi yang irrasional dan tidak imbang dengan kemampuan sosial ekonomi mereka. Selanjutnya kenakalan dan kejahatan anak-anak remaja itu tidak hanya melibatkan anak-anak putus sekolah dan drop-out saja, akan tetapi juga berjangkit dikalangan anak-anak remaja yang masih aktif belajar di sekolah-sekolah lanjutan,akademi,dan perguruan tinggi.
            Pada tahun 1970-an kenakalan remaja dikota-kota besar ditana air sudah menjurus pada kejahatan yang lebih serius, antara lain berupa tindak kekerasan,penjambretan secara terang-terangan disiang hari,penggaronga,perbuatan seksual dalam benuk perkosaan beramai-ramai sampai melakukan pembunuhan,dan perbuatan kiminal lainnya yang berkaitan dengan kecanduan bahan narkotik.
            Kelebian dari buku ini adalah menggunaan bahasa yang mudah untuk dimengerti, sedangkan kekurangannya yaitu masih ada kata yang menyambug atau tidak pakai spasi sehingga jadi kata yang tidak baku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar